Anggota Satlinmas Adalah Orang Pilihan



Diupload pada : 25-Nov-2022
Penulis : SASatpolPP

SLAWI - Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Supriyadi, Sos.M.Si  melalui Kepala Bidang Tramtibum Yunan Helmi Budi Prasetyo, SE mengatakan, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) merupakan perpanjangan tangan pemerintah yang berwenang menjaga kondusifitas di wilayah masing - masing baik Desa maupun kelurahan.

Hal itu dikatakan Yunan Helmi saat Pengarahan usai Pelantikan dan Pengukuhan Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal, Kamis (24/11/2022) di Pendopo Kecamatan Slawi.

Dikatakan, sesuai Permendagri 26 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman serta Perlindungan Masyarakat. Dalam Permendagri tersebut Satlinmas melaksanakan tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, membantu memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu memelihara ketenteraman dan ketertiban pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah, dan pemilihan umum.

"Anggota Satlinmas haruslah warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan dan mau bekerja secara sukarela, turut serta dalam kegiatan. Jadi Saudara semua ini adalah orang - orang pilihan. Oleh karena itu harus menjadi contoh dan tetap bersikap netral dalam Pemilu,"pesannya

Sebelumnya Camat Slawi Mohammad Natsir berkesempatan melantik dan mengukuhkan Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kecamatan Slawi, Kamis (24/11/2022) di halaman Kantor Camat Slawi. 

Menurut Camat Slawi Mohammad Natsir pengukuhan Satgas Linmas Kecamatan Slawi merupakan yang pertama di Kabupaten Tegal. Pembentukan Satgas Linmas juga mendasari Permendagri Nomor 26 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta pelindungan masyarakat.

"Satgas Linmas ini untuk mendukung ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang di Kabupaten Tegal. Selain itu juga mendukung suksesnya Pilkades tahun 2023," ujarnya.

Natsir menegaskan, Pengukuhan ini sekaligud untuk mengaktifkan kembali Satuqn Tugas Linmas di Desa dan Kelurahan se Kecamatan Slawi. 

"Kita mencoba untuk bangkitkan kembali semangat, jiwa patriotisme, jiwa nasionalisme kita dan jiwa pengabdian kita, itu utamanya," tegasnya.

Pengukuhan dihadiri Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Tramtibum) Yunan Helmi Budi P mewakili Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal, Kapolsek Slawi AKP Suratman, Danramil Slawi Kapten Inf.Bambang Kalisno, Lurah dan Kades se Kecamatan Slawi.  (HPW)